Jumat, 19 November 2010

BELAJAR LEWAT HP ???

HP atau handphone..... Hampir semua orang, dari anak-anak hingga orang tua, pasti tahu barang yang bernama handphone atau hp ini. Bahkan ada orang yang punya lebih dari satu handphone, termasuk mungkin Anda yang sedang membaca tulisan ini.

Yang jadi pertanyaan adalah.... Handphone yang Anda miliki itu dipakai buat apa saja sih?

Saya yakin, sebagian besar dari Anda akan menjawab untuk nelpon, sms-an, atau facebook-an. Yang disebutkan terakhir (fb-an) biasanya dilakukan oleh hampir sebagian besar orang, terutama para pelajar, tidak peduli pulsanya terkuras habis.
Apakah itu salah...? Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut sesuai hati nurani Anda.

Melalui tulisan ini, saya hanya ingin mengajak Anda, para pelajar, baik SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi, untuk mempergunakan Hp sebaik-baiknya, yaitu untuk belajar. Belajar??? Ya, B E L A J A R..
Belajar apa?? Tentu saja belajar materi-materi pelajaran yang diajarkan di sekolah...

Biasanya kita belajar hanya dari sumber-sumber belajar yang tersedia di sekolah, seperti buku pelajaran, perpustakaan, materi pelajaran yang diberikan guru, atau dari internet (yang sering disebut e-learning). Nah, sekarang kita bisa belajar dengan memanfaatkan Hp yang kita miliki. Bagaimana caranya???

Belajar melalui handphone ini lebih dikenal sebagai m-learning atau mobile learning. Hampir semua handphone yang beredar di pasaran sekarang sudah support/mendukung atau bisa menjalankan file yang berbasis Java (berekstensi *.jar) dan file berbasis Flash (berekstensi *.swf). Kedua jenis program atau software (Java dan Flash) inilah yang digunakan untuk membuat materi-materi pelajaran bisa dimasukkan dan dijalankan di dalam handphone sehingga kita bisa belajar di manapun juga selama kita membawa handphone, tidak harus di bangku sekolah (yang biasanya dilarang bawa Hp) atau di rumah.

Kalau kita mau rajin browsing dan searching di internet, kita akan mendapati banyak situs-situs yang menyediakan materi pelajaran dalam format Java atau Flash tersebut. Beberapa situs tersebut di antaranya adalah www.m-edukasi.net, inhandlearning.com, dan p4tkmatematika.org, dan masih ada beberapa situs lainnya. Kita  juga bisa menggunakan hp untuk men-download materi, masuk saja ke situs http://wap.m-edukasi.net. Silahkan segera meluncur ke situs-situs tersebut untuk mendapatkan materi-materi pelajaran agar Anda bisa belajar melalui hp.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk dapat belajar melalui hp adalah:
1. Buka situs yang menyediakan materi belajar di handphone
2. Download file materi yang sudah disediakan, kemudian simpan dulu di komputer.
3. Apabila file materi tersebut dikompres (dalam bentuk zip atau rar), ekstrak dulu di komputer.
4. Setelah diekstrak, kopikan file tersebut ke handphone.
5. Buka materi yang sudah dikopi di handphone.

Perhatian: Materi yang ada di atas hanya dapat dijalankan melalui handphone, dan tidak bisa dijalankan di komputer.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar